Wednesday, August 26, 2015

Menikmati Senja dari Bukit Parangndog



Assalamu’alaikum, wr,wb.

Di sebelah timur Pantai Parangtritis terdapat bukit yang cocok digunakan untuk melihat pemandangan pantai selatan dari atas ketinggian dan menikmati senja pantai selatan. Bukit yang berada diujung sebelah barat pegunungan seribu ini bernama bukit Parangndog.
Bukit ini terletak di Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul. Dan berada di sebelah timur-selatan Pantai Parangtritis, tempat ini biasanya digunakan untuk olahraga paralayang.
Waktu yang ditempuh dari tempat saya mencapai 29 menit, 17 km-via jalan Parangtritis.
Untuk menuju ke bukit Parangndog ini bisa ditempuh dengan menggunakan sepeda motor atau mobil asal bisa melewati  jalan yang bertanjakan tajam itu. Jalan ada yang beraspal, juga ada yang berbeton loh. Jalanannya terus tanjak-menanjak, jadi pastinya selalu waspada kalau saja nanti melorot, pokoknya rem dan gas terus siap siaga. Akhrinya sampailah di tempat parkir, motor sebaiknya diparkirkan saja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Lalu kami berlanjut berjalan kaki ke puncak bukit yang terdapat disebelahnya.



Perjalanan menyusuri tangga naik cukup singkat kok, jadi nggak usah takut jauh, toh kalaupun jauh, harus tetep berjuang demi menikmati pemandangan senja kala itu. Di puncak ini sudah lama dibangun landasan dari beton. Sayangnya saat itu saya tidak menemui aktifitas paralayang itu.

Pemandangan dari tempat ini cukup indah karena berada diatas ketinggian sehingga terlihat luasnya lautan Samudra Hindia dan pemandangan  alam disekitar kawasan pantai Parangtritis.
Sewaktu saya kesana, banyak sekali pengunjung yang sepertinya sedang menunggu-nunggu senja menghampiri. Banyak dari mereka yang menikmatinya dengan berfoto maupun hanya duduk santai. Sepertinya Parangndog ini sudah banyak yang tahu. Menjelang senja, malah banyak pengunjung yang datang, saya kira malah semakin sedikit. Eh malah ramai.. yasudahlah :D

Cuaca bagus menjadi harapan agar para pengunjung yang sudah bersusah-susah menuju tempat ini dapat menikmati senja dan menyaksikan matahari terbenam dengan sempurna. Saya bersegera mengambil tempat yang nyaman buat duduk sambil menikmati senja sore itu, dan paling utama tak lupa kamera harus siap siaga ikut mengabadikan panorama senja kala itu. Tapi berhubung  cuaca memang rada mendung, alhasil beginilah pemandangan senja yang saya saksikan kala itu. 
Tapi tetap saja saya masih dibuat takjub oleh pemandangan senja itu. 
Benar-benar indah. hihihi sudah dulu yaa, jangan kangen … tunggu coretan petualangan saya selanjutnya…hehehe
 wassalamu’alaikum, wr.wb.

1 comment:

  1. Baru tahu kalau ada Bukit Parangndog di sekitaran Pantai Parangtritis. Thanks infonya min. :)

    ReplyDelete