Wednesday, August 12, 2015

Uniknya Air terjun Lepo (Ledok Pokoh)



 
Assalamu'alaikum, wr. wb.
Okedah perjalanan adventure saya waktu itu yaitu  ke Air Terjun Lepo. Saat itu saya hanya pergi melancong bersama teman saya, karena bermodal rasa penasaran, akhirnya kami putuskan untuk berkunjung obyek wisata ini. Air Terjun Lepo ini terletak di Desa Pokoh 1, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Sesuai Navigation yang saya cari ternyata jarak saya dari rumah sekitar 29 km dan menempuh waktu 46 min. Tapi karna waktu itu saya masih takut berkendara dengan motor di daerah pegunungan seperti itu, jadi yaa waktu yang ita tempuh sepertinya lebih dari satu jam. Hehehe :D no problem, pelan asal selamat bro. :)
Wisata air ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa asri. Kawasan wisata ini sangat menarik bagi mereka yang sangat mencintai indahnya alam. Apalagi keaslian hutan yang tercetak jelas disepanjang menuju air terjun ini.
Setelah bermenit-menit kita mengendarai kendaraan, akhirnya hampir sampai juga, eh udah seneng banget udah mau sampai, tapi malah keblusuk alias salah jalan. Tanyalah sama penduduk sekitar, dan ternyata bener sih, tapi lewatnya itu lhoo.. mbok ya cari jalan yang bener. Hahaa kami ternyata salah belok, padahal sebelumnya saya sudah mencurigai untuk belok di belokan sebelumnya, eh tapi rada kurang yakin, soalnya tempatnya sepi suram gitu, beneran deh…wkwk bukannya apa yaa…apa aku yang terlalu takut aja ya.. #lupakanitu


Beginilah saat kami keblusuk karna salah jalan… *ngakak sambil guling-guling*
Sebelum jepretan diatas, masih ada jalan yang super luar biasa gronjal-gronjal, tapi lupa buat dijepret..saking bingungnya, jadi cuma melongo, dan fokus tuntun motor terus dah..haha
Alhamdulillah ternyata apa kata bapak penduduk tadi bener, bener ada jalan yang sudah mulus..hhe takut nuntun kelamaan pak. #haduhh
Akhrinya ketemulah sama bapak bapak lagi, nunjukin jalan menuju ke air terjunnya..yeay seneng..wkwk *takut nyasar lagi*
Setelah menitipkan kendaraan di salah satu rumah warga, kamipun langsung bergegas berjalan menyusuri jalan setapak untuk mencari dimana letak air terjun tersebut. 

 


Nah udah lihat palang Air Terjun Lepo..yeaayyy tambah semangat… Kondisi yang masih alami dan sepi menjadi nilai tambah bagi kami. Menyusuri jalan setapak  yang sempit… Terlihat dari jauh itu, terdapat beberapa toilet kecil yang sudah dibangun namun belum dapat difungsikan secara optimal. Selain itu, jalan setapak yang kami lewati pun sedang dalam tahap pembangunan, namun belum sepenuhnya selesai. Beberapa gubug yang kemungkinan digunakan untuk berjualan oleh warga sekitar juga terlihat di sana. Namun, pada saat kami ke sana, semuanya sepi.
Air terjun lepo ini masih sangat sepi, dikarenakan masih belum banyak orang yang tau tentang keberadaan air terjun lepo ini. Tapi nggak terlalu sepi sih, banyak anak kecil dan kadang orang dewasa renang disini. Airnya yang nyejukin mungkin yang buat mereka betah renang maupun main air disitu…
Oiya menurut para sumber Air Terjun Lepo ini terdapat 3 tingkatan.
Nampak air gemericik menuruni terjunan bebatuan. Seperti menarik…
Dan ternyata benar, air terjun ini yang tingkatan pertama dan merupakan tingakatan paling cantik. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing batu kapur dengan tekstur yang unik menjadikannya seperti air terjun pribadi yang cocok dinikmati satu dua orang saja.
  
Kedung pada air terjun ini pun tidak dalam sehingga kita bisa melihat dasarnya. Airnya yang jernih dan kombinasi bentuk batuan kapur yang unik membuatnya terlihat cantik dan memikat.

(sumber : wisata.kompasiana.com)
Tingkatan kedua merupakan tingkatan paling unik. Di sini bebatuan berbentuk balok-balok yang tersusun rapi, seperti dibuat-buat, entah kenapa bisa seperti itu.
Air digrojogan yang kedua ini relatif lebih deras dari grojogan yang pertama.
(sumber : wisata.kompasiana.com)

Tingkatan terakhir dari Air Terjun Lepo ini merupakan yang paling alami. Sepertinya nggak bisa disebut air terjun juga sih, tapi tetap saja air yang mengalir terkumpul mengalir ke bawah dan tertampung oleh kedung/ kolam, jadi dianggap air terjun seperti yang lainnya. Di sini juga terlihat kedung yang lebih dalam dan luas dibandingkan dengan kedung-kedung sebelumnya.

Secara keseluruhan Air Terjun Lepo ini merupakan salah satu air terjun unik nan cantik. Tiap tingkatan memberikan kesan yang berbeda. Kita juga dapat bermain air dengan bebas di sini. Suasana yang masih alami sangat cocok untuk kita bersantai, terbebas dari polusi perkotaan.
Beginilah pemandangan dari atas Air Terjun Lepo yang kedua. Terlihat air terjun yang ketiga dari atas itu, airnya berwarna biru. Sungguh cantik luar biasa. Tak henti-hentinya mata ini memandang pemandangan luar biasa unik ini. Subhanallah surga dunia ciptaan Allah SWT. Kita sebagai manusia wajib menjaga dan melestarikannya… terimakasih .. Wasalamu’alaikum, wr. wb.


No comments:

Post a Comment